Monday, April 13, 2015

Jenis-jenis Alergi

Jenis-jenis alergi
Jenis-jenis alergi

Peyakit alergi bermacam-macam tergantung pada penyebab dan pencetusnya:

1. Alergi makanan

Semua orang bisa terkena alergi makanan. Tetapi kadarnya berbeda-beda. Menurut survey, hanya 2% orang dewasa yang terbukti alergi terhadap makanan tertentu, sedangkan anak-anak hanya 6%.
Kita harus bisa membedakan antara alergi makanan dan intoleransi
Intoleransi makanan adalah respon tubuh yang tidak normal terhadap makanan tertentu karena penyakit tertentu. Sedangkan alergi makanan adalah respon tubuh yang tidak normal terhadap suatu makanan yang menimbulkan reaksi khusus pada sistem kekebalan tubuh dengan gejala khusus pula.

2. Alergi Kulit

Alergi kulit terjadi melalui dua dermatitis kontak : dermatitis yang disebabkan kontak iritan dari efek kimiawi tertentu dan dermatitis yang disebabkan oleh zat alergen yang masuk ke dalam tubuh.
Dermatitis kontak bisa terjadi pada orang yang sensitif terhadap zat-zat tertentu. Zat-zat ini biasanya terdapat pada benda metal, kulit atau perhiasan imitasi, karet gelang, salep maupun lotion, sinar matahari, suhu dingin dan cuaca panas.

3. Alergi Obat

Adverse Drug Reaction (ADR) adalah obat yang tadinya diharapkan menjadi alat kesembuhan malah sebaliknya, menjadi penyebab munculnya penyakit. ADR adalah efek samping atau kondisi yang muncul tidak sesuai dengan harapan setelah pemberian obat dalam dosis yang telah dianjurkan

4. Alergi Mata

Alergi mata atau konjungtivitis alergika adalah peradangan alergi pada konjungtiva, yaitu selaput yang menutupi kelopak mata bagian dalam dan permukaan luar mata.

5. Alergi Rinitis Musiman

Alergi rinitis adalah alergi yang disebabkan oleh serbuk sari yang terdapat di udara, terutama serbuk sari yang dibawa oleh angin. Sedangkan serbuk sari yang dibawa oleh lebah jarang menyebabkan alergi rinitis, karena butiran serbuk sarinya besar dan dilapisi oleh lilin

6. Alergi Rinitis Perennial

Alergi rinitis perennial berbeda dengan alergi rinitis. Perbedaanya terdapat pada gejalanya yang bervariasi dan berat serta terjadi sepanjang tahun pada penderita.

7. Alergi Air

Alergi air sangat jarang terjadi. Hanya ada 40 penderita alergi air di dunia ini.

0 comments:

Post a Comment