Wednesday, April 15, 2015

Jenis-jenis alergi

Jenis-jenis alergi lainnya :

8. Alergi Akibat Olahraga

Alergi memang aneh. Olah raga yang dilakukan dalam cuaca dingin dan kering bisa menyebabkan rasa sesak dan mengeluarkan bunyi mengi. Terutama apabila kita melakukan olah raga yang berlebihan. Jenis reaksi alergi yang sering terjadi akibat olah raga adalah asma.

9. Alergi Fisik

Kondisi fisik tertentu juga dapat menyebabkan alergi. Misalnya cuaca dingin, cahaya matahari, panas atau cedera ringan. Zat kimia tertentu yang sering menyebabkan alergi adalah protein.

10. Alergi Telur

Telur mengandung protein yang cukup tinggi. Protein inilah yang sering kali memicu timbulnya alergi. Sistem kekebalan tubuh atau antibodi immunoglobulin E melawan protein telur yang sebenarnya tidak berbahaya.

11. Anafilaksis atau Alergi Akut

Reaksi alergi jenis ini paling menakutkan dibandingkan jenis-jenis alergi lainnya, walaupun masih di bawah alergi air. Reaksi yang ditimbulkannya datang secara tiba-tiba dan bersamaan. Reaksi anafilaksis biasanya terjadi pada paparan kedua atau ketiga si penderita dengan alergen.

12. Alergi Jamur

Aspergilosis Bronkopulmoner Alergika (ABPA) atau Alergi Jamur adalah alergi yang disebabkan oleh Jamur Aspergillus. Alergi ini menyebabkan peradangan pada saluran pernapasan dan kantong udara. Jamur Aspergillus biasanya tumbuh di dedaunan yang telah mati, gandum yang terlalu lama disimpan, kotoran burung, tumpukan pupuk dan tumbuhan yang membusuk.

13. Alergi Kacang

Alergi kacang biasanya terjadi pada anak-anak.

14. Alergi Gandum atau Penyakit Seliak

Akibat intoleransi tubuh terhadap glutten, gandum hitam dan terigu. Penyakit Seliak bisa menyebabkan perubahan pada usus sehingga bisa terjadi malabsorsi.

15. Purpura Alergika

Peradangan pada pembuluh darah kecil yang disebabkan oleh reaksi autoimun dan abnormal. Belum diketahui secara pasti penyebab Purpura Alergika.

16. Alergi Susu

Jarang sekali terjadi, akan tetapi alergi jenis ini juga tidak bisa diremehkan. Saat alergi menjadi serius bisa menyebabkan kematian.

Sebelumnya

0 comments:

Post a Comment