Tuesday, April 7, 2015

Apa Itu Alergi?

Apa Itu Alergi?

Alergi banyak menyerang masyarakat baik di kota maupun di desa. Tindakan pencegahan yang biasanya dilakukan oleh mereka adalah dengan mengkonsumsi obat atau menghindari penyebabnya.
Dari beberapa laporan ilmiah dan data kesehatan, penyakit alergi adalah penyakit dengan tingkat penyebaran yang tinggi. Alergi kerap menyerang seluruh organ tubuh, apalagi jika kita mempunyai riwayat keluarga yang menderita alergi.

Alergi dapat mengganggu semua organ dan sistem tubuh, termasuk gangguan fungsi otak, sulit berkonsentrasi, tidur, bicara, hiperaktif dan juga memperberat gejala autis.
Alergi yang sering kita temui adalah alergi makanan. Alergi ini terjadi karena kita mengkonsumsi makanan penyebab alergi. Jadi apa sebenarnya alergi itu?
Istilah alergi pertama kali digunakan pada tahun 1905 oleh Clemens Pirquet (1874-1929). Istilah alergi digunakan untuk menggambarkan reaksi-reaksi akibat diberikannya suntikan serum kuda untuk melawan infeksi.

Alergi adalah reaksi yang berlebihan dari sistem imun tubuh terhadap zat-zat tertentu yang masuk ke dalam tubuh. Sistem imun melalui antibody mencoba untuk menetralisir zat asing yang dianggap berbahaya. Salah satu antibody itu adalah IgE yang berfungsi melindungi tubuh dari parasit yang merugikan tubuh.
Reaksi berlebihan IgE inilah yang menimbulkan gejala-gejala alergi, seperti bentol, gatal, sesak napas.
Benda-benda asing penyebab alergi disebut alergen. Alergen bisa masuk melalui apa saja ke dalam tubuh : mulut, hidung, kulit.

0 comments:

Post a Comment